Bersama UNTAN Membangun Negeri: Edukasi Memajukan Bangsa

Bersama UNTAN Membangun negeri

Apa itu UNTAN? Bagaimana peran UNTAN dalam membangun negeri?


Bersama UNTAN membangun negeri yaitu mengoptimalkan pembangunan pada bidang pendidikan khususnya di jenjang tinggi Universitas. Sarana pendidikan yang memadai beserta mahasiswa yang berprestasi akan membangun Negeri Indonesia ini menjadi lebih baik. Hal ini berdasarkan pada UU Pendidikan di Indonesia. Salah satunya pasal 1 ayat 1 yang memiliki arti bahwa tujuan pendidikan adalah menciptakan SDM yang memiliki kualitas dari segi akhlak dan spiritual, sikap, kepribadian, serta keterampilan dan kemampuan intelektual sehingga mampu membangun bangsa dan negara kearah yang lebih baik lagi. Isi dari UU Pendidikan itu sejalan dengan Misi universitas tanjungpura yakni memajukan ilmu pengetahuan untuk menciptakan SDM berkualitas demi membangun negeri bersama.

Membangun negeri lewat pendidikan sebelumnya disampaikan pula oleh menteri pendidikan dan kebudayaan (kemendikbud) Indonesia yang isinya merujuk pada Rencana Pembangunan pendidikan yang berdasar pada Nawacita (sembilan cita-cita dan harapan) Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015 – 2019.

Profil Universitas Tanjungpura (UNTAN)



Apa yang menjadi tujuan dari pendidikan telah diterapkan di UNTAN (universitas Tanjungpura). Bersamaan dengan tenaga pendidik yang berkualitas serta sarana yang memadai yang mampu menjadikan generasi penerus sebagai penentu dalam membangun negeri. Untan memiliki visi yaitu pada tahun 2020 akan menjadi institusi pendidikan terdepan dalam hal preservasi dan pusat informasi ilmiah di kalimantan barat serta mampu menghasilkan lulusan berkualitas, bermoral dan berkompetisi tinggi di dunia internasional.

Sejarah Singkat UNTAN


UNTAN adalah singkatan dari Universitas Tanjungpura beralamat di Jalan Prof. Dr. H. Hadari Nawawi Pontianak, Kalimantan Barat 78124. Universitas ini didirikan pada 15 Agustus 1967 yang sebelumnya bernama Universitas Dwikora, perubahan nama ini berdasarkan atas Surat Keputusan Presiden RI Nomor 171 Tahun 1967.

Awalnya UNTAN menyediakan fakultas Hukum dan Tata Niaga, sekarang ini UNTAN memiliki berbagai fakultas salah satunya berkonsentrasi pada jurusan FKIP (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan). Budaya dan Keseharian di UNTAN sangat memperhatikan nilai religius salah satunya membiasakan berdoa sebelum belajar.  Diluar kelas banyak kegiatan yang bisa didapatkan mulai dari kegiatan ekstrakulikuler (keterampilan) dan menjadi aktifis sosial (BEM). Memiliki aktifitas di luar kelas sangat penting bagi pelajar di jenjang perguruan tinggi.

Saat semester satu mahasiswa difokuskan pada program Pendidikan Karakter. Program ini adalah bagian dari mata kuliah pendidikan agama. Mahasiswa diarahkan untuk mengikuti program tersebut dengan maksud ketika sudah lulus mereka bukan hanya memiliki disiplin ilmu yang tinggi, namun juga mempunyai akhlak dan kepribadian yang baik serta religius sehingga bisa menyalurkan ilmunya ke arah yang positif.

Dengan banyaknya aktifitas di luar kelas ini mahasiswa bisa mempelajari kegiatan sosial, budaya masyarakat serta mengaplikasikan disiplin ilmu yang telah mereka pelajari. Karena pada dasarnya membangun negeri tidak lepas dari pengembangan ilmu sosial yang berlaku di masyarakat khususnya di daerah Kalimantan Barat.

Tentang jurusan FKIP di UNTAN :


Konsentrasi Jurusan S1 UNTAN
  • Ilmu Keolahragaan
  • Ilmu Pendidikan
  • Pendidikan Bahasa dan Seni
  • Pendidikan Dasar
  • Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial
  • Pendidikan Matematika Dan IPA
 Program Magister S2 UNTAN
  • Administrasi Pendidikan
  • Pendidikan Bahasa Indonesia
  • Pendidikan Bahasa Inggris
  • Pendidikan Ekonomi
  • Pendidikan Guru SD
  • Pendidikan Matematika
  • Pendidikan Sosiologi
  • Teknologi Pendidikan

Struktur organisasi FKIP UNTAN

Bersama membangun Negeri Bersama UNTAN
Struktur organisasi

Peran UNTAN dalam Membangun Negeri


Bersama UNTAN membangun Negeri berkualitas
Statistik Pembangunan Universitas Tanjungpura

Guru adalah peran terpenting dalam membangun negeri


Lulusan UNTAN adalah calon guru, dimana seorang guru mampu untuk membuat anak didiknya lebih berkualitas, sehingga mampu membangun negeri ini menjadi lebih maju dari segi akhlak maupun kemampuan intelektual. Seorang guru profesional mampu untuk menyebarluaskan ilmu pengetahuan tanpa menyampingkan budaya, akhlak dan nilai spiritual yang berlaku di masyarakat.

Oleh karena itu guru memiliki tugas yang sangat penting dan tanggung jawab besar dalam mengembangkan sumber daya manusia. Bersama UNTAN membangun negeri lebih berkualitas, kompeten, dan bermanfaat bagi sesama.

Upaya UNTAN dalam Membangun Negeri


Cita-cita bangsa menuju Indonesia Cerdas lewat pembangunan pendidikan di berbagai daerah salah satunya Tanjungpura. UNTAN mengupayakan agar masyarakat khususnya anak muda di daerah Pontianak memiliki kemampuan intelektual yang lebih baik lagi. Bersama Universitas Tanjungpura membangun Negeri yang berpendidikan bertaraf internasional.

Berbagai macam prestasi telah diraih Universitas dan Mahasiwa UNTAN diantaranya :
  • Universitas Tanjungpura aktif dalam pengabdian masyarakat, salah satunya UNTAN telah berpartisipasi dalam menyelenggarakan BIMTEK(Bimbingan Teknis) untuk pengelolaan BUMD (Badan Usaha Milik Desa). Upaya ini dilakukan agar masyarakat dan pengelola BUMD mampu meningkatkan perekonomian Desa yang berpotensial.
  • Universitas Tanjungpura menjadi tuan rumah untuk “MIICEMA’s anual conference” Malaysia-Indonesia ke 19 yang berfokus pada disiplin ilmu Ekonomi, Manajemen dan Akunting.
  • Dalam pengabdiannya terhadap masyarakat mahasiswa UNTAN mengadakan lomba karya tulis ilmiah, dan poster ilmiah nasional, dengan nama kegiatan “Bomeo Sdnetific Fair 2017”. Kegiatan tersebut bertujuan agar masyarakat dapat melakukan inovasi pembangunan daerah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal).
  • Mahasiswa UNTAN meraih juara 2 dalam lomba karya ilimiah nasional Agricultural Farming System Competition AGRIFASCO 2018.
  • Mahasiswa Teknik Lingkungan rebut Juara 3 LKP Tingkat Umum Se-Kalimantan Barat Tahun 2017.
  • Fakultas Teknik Untan berhasil menyabet juara pertama di kejurnas Bridge 2017, Jawa Timur
  • 3 Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Tanjungpura (UNTAN) berhasil menjadi juara pertama dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) di tingkat nasional 2017.
  • Pada tahun 2017 lalu, salah satu mahasiswa Universitas Tanjungpura (Untan) terpilih untuk mengikuti program Young Southeast Leaders Initiative (YSEALI) Academic Fellowship. Selama kurang lebih lima minggu mahasiswa tersebut akan berkuliah di Amerika Serikat.
  • Wisudawan tercepat tahun 2017 mahasiswa lulus 3 TAHUN – 24 HARI dengan IPK Pujian.
  • Universitas sedang dalam proses peningkatan akreditasi Institusi dari B ke A, rektor universitas yakin sebelum april 2019 UNTAN sudah menyandang akreditasi A.

Peran Mahasiswa Membangun Negeri lewat Pendidikan


Peran pemuda sangat penting dalam memperjuangkan bangsa. Bahkan Bung Karno sendiri berkata “Beri aku 10 pemuda maka akan kuguncangkan dunia”. Kata-kata tersebut mengartikan bahwa bersama dengan pemuda terdidik maka bisa membangun negeri menjadi lebih baik. Peran pendidikan dalam membangun negeri dimulai dari pergerakan Budi Utomo di tahun 1908, Sumpah Pemuda tahun 1928, serta proklamasi kemerdekaan tahun 1945.

Tidak hanya itu para pelajar yang mengenyang pendidikan di Universitas bersama-sama berhasil meruntuhkan kekuasaan Orde Baru. Hal tersebut sekaligus membawa bangsa Indonesia memasuki masa reformasi menuju cita-cita yang lebih baik lagi. Di era milenial ini penyelengara pendidikan UNTAN memiliki harapan untuk membangun Negeri dengan cara menyediakan lulusan terbaik yang mampu berkontribusi di masyarakat. Perubahan yang nyata terjadi lewat prestasi mahasiswa dan calon guru yang lebih baik.

Bersama UNTAN Membangun Negeri Menjadikan Indonesia Cerdas


Dari berbagai hal yang telah disampaikan diatas maka didapat poin penting bagaimana bersama UNTAN dapat membangun negeri, diantaranya :
  • Universitas Tanjungpura menjunjung tinggi nilai religius, moral dan budaya sebagaimana tersirat dalam Pancasila.
  • Universitas Tanjungpura aktif dalam kegiatan akademik maupun sosial dalam dan luar negeri
  • Universitas Tanjungpura terus berupaya meningkatkan kualitas, baik dari infrastruktur maupun tenaga pendidik.
  • Universitas Tanjungpura meraih berbagai penghargaan dan menciptakan lulusan yang berkualitas
Negeri dengan masyarakat yang cerdas terbebas dari pendidikan yang terbatas. Pusat pendidikan dari Pontianak UNTAN bersama membangun Negeri yang cerdas lewat jalur pendidikan yang terarah.

Bersama UNTAN Membangun Negeri: Edukasi Memajukan Bangsa

  1. Wah keren kak reviewnya tentang bersama UNTAN membangun negeri. Memang benar kok ya, pendidikan merupakan dasar pembangunan suatu bangsa, tidak hanya Indonesia tapi juga mancanegara pun menganggap begitu. Tapi memang selain pendidikan mahasiswa/i tentunya bisa memanfaatkan waktunya untuk ikut kursus online atau metode belajar online supaya keahliannya juga dapat dimaksimalkan sehingga kelak karya yang dihasilkan dapat bermanfaat untuk Indonesia.

    BalasHapus
  2. semoga universitas tanjungpura semakin jaya dan kuat bersama untan membangun negeri menjadi lebih berkualitas dan menjadikan semua mahasiswa untan memiliki prestasi yang dapat membawa nama harum indonesia.

    BalasHapus
  3. semoga dengan adanya universitas terbaik seperti UNTAN ini dapat memopang kemajuan pendidikan di indonesia, maju dan sukses untuk Untan.

    izintitip link blog ya : https://www.maschun.com/2018/07/Kursus-Online-Belajar-Online-babastudio-com.html

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. UNTAN memiliki peranan penting sebagai pusat pendidikan tinggi di Kalimantan Barat. Apalagi dengan statusnya sekarang telah menjadi BLU, UNTAN sudah mampu secara mandiri berkembang.

    BalasHapus